Sambutan Kahima

HomeSambutan Kahima

pak ka

Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera untuk kita semua
Yang terhormat Bapak Dr. Agung Purniawan, S.T., M.Eng. selaku ketua Jurusan Teknik Material dan Metalurgi FTI-ITS beserta segenap jajaran dosen dan karyawan.
Yang kami hormati Senat Mahasiswa Teknik Material dan Metalurgi FTI-ITS.
Yang kami banggakan segenap pengurus HMMT FTI-ITS periode kepengurusan 2015-2016.
Serta yang kami sayangi seluruh anggota HMMT FTI-ITS.

Alhamdulillah puji dan syukur patut kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena hanya atas dan rahmat-Nya lah hingga saat ini kami masih bisa mengemban amanah dan menjalankannya dengan maksimal dan kesungguhan hati. Sholawat serta salam senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah membimbing kita dari zaman jahiliyah menuju zaman yang terang saat ini.
Berbicara tentang mahasiswa, kita berbicara mengenai generasi penerus bangsa. Mahasiswa mempunyai 4 peran fungsi yaitu moral force, agent of change, social control, serta iron stock. Mahasiswa adalah penerus estafet tonggak kepemimpinan bangsa ini di masa depan nanti. Tidak dapat dipungkiri bahwa mahasiswa memiliki kemampuan yang luar biasa. Founding father bangsa ini yaitu ir. Soekarno pernah berkata bahwa “Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”. Kalimat tersebut menandakan bahwa mahasiswa memiliki power yang kuat apabila dibekali dengan idealisme dan keinginan untuk mengembangkan diri yang tinggi.
Selain itu, tantangan yang akan dihadapi mahasiswa dalam waktu dekat adalah AEC atau Asean Economic Community yang eranya akan kita sambut pada akhir tahun 2015 ini, mahasiswa dituntut untuk memilki soft skill serta hard skill yang mumpuni agar dapat survive menghadapi persaingan global yang semakin terbuka. Boleh dikatakan hard skill telah didapatkan dalam bangku perkuliahan. Namun mengenai perkembangan soft skill didapatkan melalui pengalaman berorganisasi, berkumpul, serta berkarya dalam satu payung tujuan.
HMMT FTI-ITS adalah organisasi kemahasiswaan yang menaungi aktifitas kemahasiswaan di Jurusan Teknik Material dan Metalurgi FTI-ITS untuk bersatu, berkumpul, berkarya, menuangkan ide dan pikiran, serta mengembangkan diri untuk menjalankan peran fungsi mahasiswa sesuai dengan tri dharma perguruan tinggi dengan cita-cita mulia yaitu demi kejayaan masyarakat, almamater, dan bangsa.
Sedikit sejarah mengenai HMMT FTI-ITS, berawal dari sebuah keinginan untuk membentuk sebuah organisasi mahasiswa di Jurusan Teknik Material, pada 4 September 2000 dibentuklah Ikatan Mahasiswa Material atau yang disingkat dengan IMM. Tak berhenti disini, keinginan untuk membentuk sebuah organisasi terus membara di hati mahasiswa Teknik Material ITS. Sehingga pada tanggal 10 November 2000 secara resmi dibentuklah sebuah Himpunan Mahasiswa yang menaungi aktifitas mahasiswa Jurusan Teknik Material yaitu Himpunan Mahasiswa Teknik Material (HMMT) hingga berganti nama menjadi Himpunan Mahasiswa Teknik Material dan Metalurgi (HMMT FTI-ITS).
Selama 15 tahun HMMT FTI-ITS berdiri, telah banyak pencapaian dan perkembangan yang telah diraih. HMMT FTI-ITS merupakan organisasi kemahasiswaan yang dinamis sehingga dapat berkembang mengikuti jaman yang semakin terbuka ini namun dengan tetap mempertahankan idealisme yang dimilki.
Dengan semangat kepengurusan HMMT FTI-ITS periode 2015/2016 yang dibawa saat ini yaitu “Berani Memberi Manfaat” diharapkan seluruh pengurus memahami makna dari keberanian itu sendiri dan menjadi agen inisiator perubahan dan pembawa kebermanfaatan bagi kejayaan almamater, masyarakat, dan bangsa.
Akhirnya, saya turut mengajak kita semua agar dapat terus membawa semangat perubahan demi terciptanya HMMT FTI-ITS yang lebih bermanfaat untuk kita semua. Dengan usaha disertai doa yang maksimal, saya yakin HMMT FTI-ITS akan jaya untuk selama-lamanya
Wassalamualaikum Wr.Wb.
VIVAT MATRICE! VENCEREMOS! VENCEREMOS! VENCEREMOS!