Kesejahteraan Mahasiswa

HomeKesejahteraan Mahasiswa

kesma

KEPALA DEPARTEMEN

Ilham Ramadhan Putra
2713100097

Program Kerja

1. Kunjungan Industri

kesmaki

Merupakan kegiatan kunjungan industri ke perusahaan yang bergerak dalam bidang material dan metalurgi .

2. Study Excursion

Merupakan kegiatan kunjungan industri ke perusahaan yang bergerak dalam bidang material dan metalurgi serta studi banding mengenai keprofesian dengan perguruan tinggi yang memiliki bidang keilmuan sama. Selain itu terdapat kegiatan temu-alumni Jurusan Teknik Material dan Metalurgi di sekitar wilayah kunjungan industri.

 

Agenda

1. Guest Lecture

kesmagl

Merupakan kuliah umum yang diisi oleh ahli material dan metalurgi / alumni.

2. Exam Preparation

kesma ep

Mengingatkan serta memberikan motivasi menjelang ujian dengan menggunakan flier, spanduk, dan kata-kata motivasi untuk ujian. Pengadaan pengingat perkuliahan minggu ke berapa. Serta mengadakan sebuah forum yang membahas mata kuliah yang ditutorialkan serta adanya belajar bersama. Selain itu, diadakannya bank soal ujian dari soal-soal tahun sebelumnya.

3. TEFL Preparation

kesmatefl

Pengadaan suatu forum dimana mahasiswa teknik material dan metalurgi diberikan fasilitas serta penjelasan materi mengenai persiapan tefl (listening, grammar and structure, serta reading) dan diadakannya tes TEFL bersertifikat yang diakui ITS.

4. Awarding

keswaaward

Awarding diberikan kepada anggota HMMT yang mendapat IPS tertinggi di tiap angkatan dan yang berprestasi di bidang akademik.

5. English Class

Mahasiswa teknik material dan metalurgi berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris di dalam kelas mengenai topik tertentu.

6. Kesma Care

kesmacare

Penyaluran form database ekonomi dan akademik, pengerjaan database ekonomi dan akademik dalam bentuk pengarsipan baik secara manual maupun elektronik, juga pemantauan serta pengawasan terhadap beasiswa dan kondisi finansial mahasiswa serta pemantauan akademiknya. Selain itu juga diadakannya kegiatan berupa posko pengaduan permasalahan akademik maupun finansial yang diadakan sebelum evaluasi semester Kegiatan ini juga berupa sharing mengenai permasalahan yang dialami mahasiswa serta membantu dalam menyelesaikan permasalahannya di bidang akademik dan finansial serta membantu dalam mempersiapkan seminar dan sidang Tugas Akhir, seperti tempat, konsumsi, serta keperluan lainnya.

7. Scholarship and Career Center

kesmasch

Merupakan kegiatan berupa penginformasian beasiswa S1, beasiswa studi S2, juga penginfoan adanya lowongan pekerjaan dari perusahaan, serta pendataan mahasiswa kerja praktik. Adapula pemberian beasiswa “HMMT Foundation” serta pengontrolan terhadap mahasiswa yang mendapatkan beasiswa.